Minggu, 27 Februari 2011

ANAK BERPRESTASI DAN ANAK BERBAKAT


Kita mempunyai banyak teman disekeliling kita, terutama di sekolah. Tentunya ada diantara teman kita yang pandai menyanyi, matematika, olahraga, ataupun kesenian. Mereka adalah anak-anak berbakat yang mempunyai prrestasi yang luar biasa. Namun, banyak juga diantara kita yang kurang berprestasi, tetapi itu janganlah kita jadikan sebagai bahan ejekan, kita bias membantu mereka untuk menjadi lebih baik lagi.
Ciri khas anak kurang berprestasi cenderung tidak teratur, hidup enak, melupakan pr, menhindari tugas dan menempatkan buku secara salah, tidak mendengarkan, banyak memandang keluar jendela saat pelajaran, dan banyak bicara pada orang lain. Menganggap diri belajar jika sudah membaca sebentar bahan pelajaran sambil tiduran di tempat tidur dan nonton tv sambil bersandar kepala.
Kebanyakan anak yang kurang berprestasi menunjukkan minat pada sekolah hanya berhubungan dengan pergaulan dan olahraga. Mereka dapat memilih satu pelajaran atau guru yang mereka sukai, tetapi pada uumumnya mereka menggambarkan sekolah sebagai sesuatu yang membosankan. Mereka punya banyak gagasan yang luar biasa, tetapi jarang sampai pada kesimpulan, dan sebagian besar mereka  tidak mampu menyelesaikan apa yang mereka mulai.
KASWARINA
IX.1
Kita sering menilai orang pintar dari IQ-nya saja, tetapi itu aturan lama. Zaman sekarang ini penilaian tidak cukup dari IQ-nya saja. Guru dn pengajar banyak berpendapat bahwa anak berbakat iu memiliki inisiatif dan kemandirian yang tinggi. Mereka mampu mengatur waktu belajarnya sendiri, terampil mengatur jadwal tanpa dibantu orang lain.
Tapi, ternyata tanpa kita sadari, mereka anak berbakat punya beberapa masalah dalam cara bergaul. Itulah sebabnya mereka anak berbakat sering kita sebut orang aneh. Karena mereka sering merasa berbeda dari orang lain, mereka kesal menghadapi orang yang tidak sepintar dia. Kemampuan bahasa mereka yang tinggi membuat mereka seering mendominasi pembicaraan, terutama di dalam kelas. Pikiran mereka lebih maju disbanding emosinya.Sehingga mereka sering disebut orang aneh dlam pergaulan karena sering member ide yang nyeleneh dan anehbagi orang banyak.
Anak berbakat ada yang berasal dari keturunan, tetapi ada juga karena pengaruh lingkungan. Anak berbakat dapat tumbuh dan berkembang bila didukung oleh lingkungannya terutama orang tua. Jadi, kta semua bias jadi anak berbakat bila kita mau bekerja keras, pantang menyerah, kritis, kreatif dan senang menyerap ilmu baru serta berani mengambil resiko.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar